Bulan Ramadhan, DLH Batanghari : Volume Sampah Meningkat








Foto : Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan

BATANGHARI, BulianID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batanghari mencatat bahwa Bulan Suci Ramadhan volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), mengalami peningkatan sehari mencapai hingga 28 Ton. Peningkatan sampah ini rata-rata hasil dari sampah rumah tangga.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batanghari Zamzami mengatakan, peningkatan volume sampah yang terjadi saat ini di sebabkan akibat meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat di Bulan Suci Ramadhan.

“Sejak memasuki Bulan Suci Ramadhan, volume sampah di Batanghari alami peningkatan, yang biasanya hanya 25 ton perhari, kini meningkat menjadi 28 ton atau meningkat Tiga ton perharinya,” kata Zamzami saat dijumpai di ruang kerjanya, Selasa (05/04/2022).

Peningkatan volume sampah tersebut selain karenakan banyaknya hasil konsumsi masyarakat, juga disebabkan banyaknya sampah dari hasil jualan dari kebutuhan buka maupun sahur.

“Selain dari sampah rumah tangga, peningkatan ini terjadi juga di karenakan banyaknya pasar dadakan yang menjual berbagai aneka makanan, salah satunya banyak diakibatkan dari sampah bekas kepala muda,” tuturnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan yang lebih banyak lagi, pihaknya juga telah mengoptimalkan satuan petugas dan armada-armada pengangkut sampah yang ada. Bahkan di saat Bulan puasa ini, para petugasnya telah beroperasi sejak subuh hari.

“Saat ini kami juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait bagaimana mengurangi sampah tersebut, seperti sampah organik yang bisa diolah di jadikan sebagai pupuk kompos, dan sampah anorganik bisa di pilah atau dimanfaatkan kembali,” ungkapnya. (ONE)