Bakhtiar Serahkan Sertifikat PTSL TA 2021 ke Warga Mersam

Wabup Bakhtiar serahkansertifikat PTSL secara simbolis/ Foto: Ist
BATANGHARI, BulianId  Wakil Bupati Batanghari H. Bakhtiar SP serahkan sertefikat perkebunanan dan perumahan program pendaftaran terhadap tanah yang belum memiliki hak milik (PTSL) Tahun Anggaran (TA) 2021.

Penyerahan tersebut diserahkan secara simbolis kepada Tujuh Desa dan Satu Kelurahan dalam lingkup Kecamatan Mersam, Kabupaten Batang Hari Senin (17/01/2022).Acara penyerahan Sertifikat PTSL tersebut berpusat di rumah warga Kelurahan Kembang Paseban yakni di Rumah pribadi Milik Sopiyan di RT 20 RW 005 Kelurahan Kembang Paseban.

Dikatakan Wabup Bakhtiar, untuk pembuatan sertifikat pada tahun 2022 Badan Pertanahan Nasional (BPN) sudah menargetkan sebanyak 10ribu sertifikat.

” Tidak hanya tanah Pertanian dan perumahan saja yang akan di sertifikatkan namun, termasuk jalan yang digunakan warga, Sekolahan, masjid dan Musholapun semua harus tersetifikat,” Ujarnya.

Dengan demikian kedepannya dapat diketahui yang mana jalan milik aset pemkab batanghari, mana milik aset Provinsi atau Nasional.

” Dengan begitu kita jadi tahu mana saja jalan Kabupaten, jalan Provinsi dan jalan kecamatan atau jalan Desa dan dengan demikian kita lebih jelas menentukan tapal Batas,” Tambah Bakhtiar.

Maka dari itu dihimbau kepada Lurah dan Kades agar bisa membuat dan menyusun berapa rencana sertifikat yang akan di buat di setiap wilayah masing-masing.

” Jangan sampai yang di rencanakan banyak, tahu-tahu yang di laksanakan tidak sesuai dengan yang kita anggarkan,” sambungnya.

Wabup juga berpesan, kepada seluruh Kades, Lurah dan Camat agar tidak mempersulit masyarakat yang akan mengurus persyaratan dalam pembuatan sertifikat.

“ jika nanti ada warga kita yang ingin membuat sertifikat tanahnya, namun tanahnya ada yang berhubungan dengan tanah perusahaan, saya minta di permudahkan,” Harapnya.

Ditempat yang sama, Ade Juhari Kepala BPN berharap terkhususnya kepada masyarakat setempat agar dapat memamfaatkan pembuatan sertifikat PTSL gratis dengan sebaik-baiknya supaya semua tanah yang ada di Desa bisa terdaftar dan pihak BPN bisa melanjutkan ke Desa-desa yang lain. 

“ Saya selaku kepala kantor pertanahan Batanghari berharap sertifikat massal ini bisa dimamfaatkan dengan sebaik-baiknya agar semua tanah yang ada di Desa bisa terdaftar dan kami bisa melaksanakan di Desa-desa yang lain,” pungkasnya. (*/NZA)