Muhibah

Musri Nauli


Oleh : Musri Nauli 

Lengkaplah sudah perjalanan Al Haris mengelilingi Provinsi Jambi. Sekaligus bertemu dengan Walikotamadya dan Bupati se Provinsi Jambi. 

Dimulai menemui Bupati Batanghari dan berakhir bertemu dengan Wakil Bupati Sarolangun. Setelah sebelumnya bertemu Bupati Bungo dan sekaligus melantik Pj Bupati Merangin menjadi Bupati Merangin. 

Didalam ilmu komunikasi, bertemu dan berbicara langsung sekaligus mendatangi berbagai daerah bertemu Kepala Daerah merupakan salah satu strategi komunikasi yang efektif. 

Didalam alam pemikiran masyarakat Melayu Jambi, Pemimpin yang mendatangi Rakyat sekaligus merasakan persoalan sebenarnya ditengah masyarakat merupakan cara untuk mendengarkan langsung. Sekaligus mendapatkan solusi ditengah lapangan. 

Berbagai keputusan cepat sekaligus tepat sasaran justru dapat diambil dari persoalan riil ditengah masyarakat. Sekaligus keputusan yang langsung dibutuhkan masyarakat. 

Dengan mendatangi dan bertemu dengan berbagai Kepala daerah selain membangun koordinasi untuk menghadapi pandemik covid, juga langsung membangun hubungan emosional. Hubungan yang dibutuhkan bersama-sama untuk menghadapi pandemik. 

Didalam berbagai literatur disebutkan, fungsi komunikasi masyarakat Melayu justru dapat digunakan untuk menjelaskan gagasan. Gagasan yang hendak disampaikan akan mudah ditangkap dengan verbal. 

Selain itu juga, kedatangan Al Haris sebagai Gubernur Jambi harus juga ditangkap sebagai simbol pemimpin yang sering disebutkan didalam seloko seperti “Pohon Beringin. Pohon Gedang ditengah laman. Pohonnya teduh tempat belindung. Akarnya gedang tempat besilo. Dahannya kuat tempat begayut”. 

Dengan simbol kedatangan Pemimpin ditengah masyarakat juga dapat digunakan sebagai alat sosialisasi. 

Lihatlah. Pernyataan Al Haris didalam berbagai kesempatan selalu menyampaikan gagasan. Seperti di Batanghari sebagai daerah ketahanan pangan. Tanjabtim yang akan menjadi pintu untuk Pembangunan pelabuhan Samudra ujung Jabung. 

Atau ke Bungo ketika menghadiri panen raya cabe. Sekaligus untuk pembukaan lahan baru untuk sentra pemasok cabe untuk Jambi. Selain juga seperti pertanian padi, jagung dan kedelai didalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat Jambi. 

Atau ke Muara Jambi yang membicarakan program-program strategis nasional seperti Tol Betung - Jambi dan kawasan Pelabuhan Kemingking. 

Dengan mendatangi setiap tempat dan bertemu dengan Kepala daerah, Al Haris juga memaparkan berbagai program-program yang telah disusun didalam visi-misi Jambi mantap. 

Tentu saja tidak lupa setiap kunjungan kerja ke berbagai tempat untuk mengetahui perkembangan penanganan covid. Dan upaya Pemerintah Provinsi Jambi didalam menangani pandemik covid. 

Dengan membangun solidaritas bersama-sama diharapkan program-program didalam visi-misi Jambi mantap akan mudah direalisasikan. (*)