BATANGHARI DI TENGAH MASYARAKAT MELAYU JAMBI (3)

Musri Nauli


Opini : Musri Nauli

Masyarakat mengenal Rimbo Gagak, Talang Buruk, Pematang Berani sebagai tempat yang dilindungi. Tempat yang kemudian telah hancur oleh berbagai izin industry.

Tatacara membuka hutan dimulai dari berunding, pergi ketalang, tepung tawar berupa Sapo-sapa, Pancung, mancah, Tanah dingin dan tanaman tuo.

Selain itu dikenal muko tanah. Dimana setelah pancang ditetapkan, maka ke arah uluan menjadi hak dari pemilik tanah. Atau yang bisa dikenal muko tanah.

Marga Kembang Paseban kemudian mengalami perkembangan pesat. Marga Kembang Paseban kemudian dikenal Kecamatan Mersam.

Dusun Mersam kemudian menjadi Dusun Mersam, Dusun Kembang Tanjung, Kelurahan Kembang Paseban. Kelurahan Kembang Paseban kemudian ditetapkan menjadi Ibukota Kecamatan Mersam. Dusun Sengkati Gedang kemudian menjadi Desa Sengkati Baru. Dusun Sengkati Kecil kemudian mengalami pemekaran menjadi Desa Sengkat Kecil Dan Desa Sengkati Mudo.

Dusun Sungai Puar mengalami perkembangan menjadi Desa Sungai Puar dan Desa Tanjung Putra. Dusun Rantau Gedang kemudian menjadi Desa Rantau Gedang dan Desa Simpang Rantau Gedang.

Sedangkan Mersam 1 dikenal di Bukit Harapan. Mersam 2 dikenal Belanti Jaya. Mersam 3 dikenal di Tapak Sari. Dan Mersam 4 kemudian dikenal Bukit Kemuning. Daerah yang kemudian ditetapkan sebagai daerah transmigrasi.

Dengan demikian maka Desa dan Kelurahan yang termasuk kedalam Kecamatan Mersam adalah Belanti Jaya, Benteng Rendah, Bukit Harapan, Bukit Kemuning, Kembang Tanjung, Mersam, Pematang Gadung, Rantau Gedang, Sengkati Baru, Sengkati Gedang, Sengkai Kecil. Simpang Rantau Gedang, Sungai Puar, Tapah Sari dan Teluk Melintang.

Marga Maro Sebo Tengah terletak diantara Marga Kembang Paseban dan Marga Maro Sebo Ilir. Karena terletak ditengah maka kemudian disebut sebagai Marga Maro Sebo Tengah.

Marga Maro Sebo Tengah berbatasan dengan Marga Maro Sebo Ilir di Teluk Manggus di Danau Embat. Dengan Marga Batin XXIV terletak di Dusun Empelu Hulu Sungai Tembesi. Dan dengan Mersam yang termasuk kedalam Marga Kembang Paseban. Selain itu juga berbatas dengan Tanah Tungkal.

Istilah manggus adalah manggis. Dahulu manggis disebut Manggus.

Masyarakat mengenal batin 25. Apabila kita lihat dengan peta Schetskaart Residentie Djambi Adatgemeenschappen (Margas), yang dimaksudkan dengan Batin 25 adalah Batin 5. Batin 5 berpusat di Matagoal.

Marga Maro Sebo Tengah berpusat di Muara Tembesi. Dusun-dusun yang termasuk kedalam Marga Maro Tengah terdiri dari Dusun Rantau Kapas Tuo, Dusun Rantau Kapas Mudo, Dusun Pelayangan, Dusun Rambutan Masam, Dusun Sungai Pulai dan Dusun Sungai Rumbai.

Marga Maro Sebo Tengah dikenal didalam Piagam Tanah Tantan yang dibuat oleh oleh Sultan Agung Seri Inga Laga pada tahun 1277 h untuk Tumenggung Kerajaan Suta Dilago Periai Rajo Sari tentang Perbatasan Tanah Tantan dan tanah Batin Limo dalam Tembesi.

Disebut dengan Dusun Tembesi karena adanya Sungai Tembesi. Sedangkan Dusun Rantau Kapas dikenal kisah tentang 7 rumah. Waktu itu banyaknya kapuk (kapas). Waktu angin tiba penuhlah dusun dengan kapas. Sehingga kemudian dikenal dengan Kampung Kapas atau Rantau Kapas. Kampungnya yang tuo terletak di mudik. Sedangkan di hilir kemudian dikenal Rantau Kapas Mudo.

Sedangkan Pelayangan adalah tempat melayang (menyeberang). Disebut dengan rambutan masam memang daerah ini kemudian dikenal sebagai rambutan masam. Daerah ini hanya bisa menghasilkan rambutan yang rasanya masam.

Disebut Sungai Pulai karena ditepi sungai banyaknya pohon Pulai. Sedangkan Sungai Rumbai memang daerah ini dulunya banyaknya rumbai ditepi sungai. Rumbai digunakan untuk tikar.

Dulu kalau mau memerlukan rumbai untuk tikar, maka kesana untuk mengambil rumbai. Disana juga banyak Pedak. Pedak berasal dari kata Cempedak atau nangka cempedak.

Puyang Marga Maro Sebo Tengah dikenal Datuk Puyang Anggut. Di Dusun masih terdapat makam Datuk Puyang Anggut. Marga Maro Sebo Tengah kemudian dikenal sebagai Kecamatan Muara Tembesi.

Kecamatan Muara Tembesi terdiri dari Desa Ampelu, Desa Ampelu Mudo, Desa Jebak, Desa Kampung Baru, Kelurahan Pasar Muara Tembesi, Desa Pelayangan, Desa Pulau, Desa Rambutan Masam, Desa Rantau Kapas Mudo, Desa Rantau Kapas Tuo, Desa Sukaramai, Desa Sungai Pulai, Desa Tanjung Marwo. Pusat Kecamatan Muara Tembesi di Kelurahan Pasar Tembesi.

Desa Jebak, Desa Ampelu, Desa Ampelu Mudo sebelumnya termasuk kedalam Batin XXIV.

Sebagai daerah bandar pelabuhan hasil Merica, Tembesi menjadi kekuasaan Orang Kayo Hitam. Tahun 1623, Pangeran Gede sebagai keturunan Orang Kayo menetapkan Tembesi sebagai daerah bawahan Jambi. Perang antara Kerajaan Jambi dan Kerajaan Palembang membuktikan, pentingnya Tembesi sebagai suplay merica. Tembesi dan Merangin dikenal sebagai daerah penghasil merica yang kaya.

Barbara kemudian menuliskan para penduduk hulu dibawah kekuasaan Raja Palembang menyerang penduduk hulu dibawah kekuasaan Raja Tembesi. Mereka membakar 5 sampai 6 lusin (desa) dan mereka menawan para penduduk.

Peperangan kemudian diselesaikan dengan membangun kekerabatan melalui perkawinan. Pada tahun 1670, Pangeran Adipati Anum dari Jambi mengawini putri dari Palembang. Demikian juga Putra Mahkota Palembang dan saudaranya yang bernama Pangeran Dipati dan Pangeran Aria mengawini 2 putri Jambi.

Tahun 1676, Tembesi kemudian mengalami kebanjiran hingga menggenangi kebun merica dan mengakibatkan kerusakan. Bahkan tahun 1679, kampong-kampung mengalami peperangan degan Johor. Sehingga kebun merica semakin ditinggalkan dan hancur.

Namun Tembesi kemudian dikenal sebagai penyuplai Merica hingga tercatat tahun 1690. Sehingga tahun 1691 menjadi jalur perdagangan Palembang, Pedagang India yang datang dari Riau, Orang Johor yang membangun perekonomian di Mangunjaya datang dari Sungai Tungkal dan pedagang Bugis yang membawa kain dan garam yang kemudian ditukarkan dengan merica dan emas.

Sehingga tiga puluh tahun kemudian, Jambi terbagi di Muara Tembesi menjadi dua kerajaan. Satu berpusat di Hulu di Mangunjaya dan hilir di Tanah Pilih.

Kisah tentang juga dicatatkan di dalam Pasal Raja Jambi yang kemudian memberikan  keris yang bernama Singa Marajaya yang kemudian dijadikan Kerajaan kepada orang Tembesi dan orang Batin Sembilan.

Marga Maro Sebo Ilir berpusat di Terusan. Terdiri Dusun-dusun seperti Dusun Terusan, Dusun Pasar Terusan, Dusun Danau Embat, Dusun Malapari dan Dusun Napal Sisik.

Marga Maro Sebo Ilir berbatasan dengan Marga Sebo Tengah, Marga Pemayung, Marga Kembang Paseban di bukit Gajah dan Marga Tungkal Ulu.

*Data dari berbagai sumber 

Advokat. Tinggal di Jambi